AUDITING TEKNOLOGI
INFORMASI
Auditing Teknologi Informasi muncul seiring dengan pesatnya
teknologi informasi. Dimana peranan komputer dalam proses auditing sangat
penting, mulai dari input, proses, dan output telah banyak yang menggunakan
komputer atau sudah tidak manual lagi.
Gore dan Stubbe (1979) tahap awal
pengolahan data dilakukan melalui sistem manual dengan menggunakan pena atau
tinta, selanjutnya pengolahan data dilakukan secara mekanik dengan alat bantu
semacam kalkulator dan register kas, tahap berikutnya adalah sistem pengolahan
data secara elektro mekanis dengan menggunakan listrik pada berbagai macam
mesin penghitungan dan mesin pembukuan termasuk mesin-mesin pelubang kartu,
tahap terakhir adalah sistem pengolahan data secara elektronik dengan bantuan
komputer. Tahap terakhir inilah yang sering disebut dengan Pengolahan Data
Elektronik (PDE) atau Electronic Data Processing (EDP).
Auditing teknologi informasi
digunakan umumnya untuk menjelaskan perbedaan dua jenis aktivitas yang terkait
dengan komputer. Seperti untuk menjelaskan proses mengkaji ulang dan
mengevaluasi pengendalian internal dalam sebuah sistem pemprosesan data elektronik.
Ada Tiga Pendekatan Auditing
- Auditing Around Computer (Audit
Sekitar Komputer) yaitu dimana penggunaan komputer pada tahap proses
diabaikan.
- Auditing Throught Computer
(Auditing Melalui Komputer) yaitu dimana pada tahap proses penggunaan
komputer telah aktif.
- Auditing With Computer
(Auditing Dengan Komputer) yaitu dimana input, proses dan output telah
menggunakan komputer.
I.
Konsep-konsep auditing PDE
PDE sebagai serangkaian kegiatan dengan menggunakan komputer
untuk mengubah informasi yang masih mentah (data) menjadi informasi yang
berguna yang sesuai dengan tujuannya. Rangkaian kegiatan pengolahan data
tersebut terdiri dari lima bagian yaitu: inputting, storing, processing,
outputting, dan controlling.
Berikut adalah konsep-konsep
auditing PDE :
- Evidence
- Due Audit Care
- Fair Presentation
- Independence, dan
- Ethical Conduct
II. Teknologi PDE auditing
Auditing PDE sebagai audit terhadap
informasi yang dihasilkan dari lingkungan yang terkomputerisasi. Auditor system
informasi yang terlatih menerapkan teknik audit dengan bantuan komputer,
disebut juga dengan CAAT (Computer Aided Auditing Technique). Teknik ini
digunakan untuk menganalisa data, contoh data transaksi penjualan, pembelian,
transaksi aktivitas persediaan, aktivitas nasabah, dan lain-lain. Sesuai dengan
standar auditing ISACA (Information Systems Audit and Control Association),
selain melakukan pekerjaan lapangan, auditor juga harus menyusun laporan yang
mencakup tujuan pemeriksaan, sifat dan kedalaman pemeriksaan yang dilakukan.
III. Jenis-jenis PDE auditing
1.
Systems
and Applications
Pemrosesan data melalui aplikasi perangkat lunak komputer
yang dikelola melalui suatu system.Sehingga proses auditnya sendiri akan
meliputi verifikasi terhadap system untuk memastikan kebenaran, kehandalan,
kecepatan maupun keamanan pada saat pengiriman, pemrosesan serta pengeluaran
informasi di setiap tingkatan kegiatan sistem.
2.
Information
Processing Facilities
Merupakan komponen yang terkait dengan fasilitas-fasilitas
yang digunakan untuk mengolah informasi di suatu organisasi. Biasanya ini
terkait dengan perangkat keras seperti misalkan scanner, komputer server,
formulir, dsb.
3. Systems Development
Adalah bagian dari proses pembangunan maupun pengembangan
dari sistem yang sudah ada dalam suatu organisasi sesuai tujuan-tujuan
aktivitasnya.
4.
Management
of IT and Enterprise Architecture
Pengelolaan atas teknologi informasi
serta arsitektur seluruh lingkup internal organisasi yang disesuaikan dengan
struktur dan prosedur yang ditetapkan oleh manajemen Hal tersebut memerlukan
proses audit yang dilaksanakan untuk memastikan apakah segenap
lingkungan/komponen organisasi dalam pemrosesan informasinya dilakukan secara
terkendali dan efisien.
5. Client/Server, Telecommunications,
Intranets, and Extranets
Komputer, peralatan telekomunikasi, sistem jaringan
komunikasi data elektronik (intranet/extranet) serta perangkat-perangkat keras
pengolahan data elektronik lainnya adalah komponen dari sebuah teknologi
informasi..
Tujuan Audit Sistem Informasi
Ada 4 tujuan Audit Sistem Informasi,
yaitu
- Mengamankan Asset
Aset (aktiva) yang berhubungan dengan instalasi sistem informasi mencakup: perangkat keras (hardware), perangkat lunak (software), manusia (people), file data, dokumentasi sistem, dan peralatan pendukung lainnya. - Menjaga Integritas Data
Integritas data berarti data memiliki atribut:
kelengkapan, baik dan dipercaya, kemurnian, dan ketelitian.
Tanpa menjaga integritas data, organisasi tidak dapat memperlihatkan potret dirinya dengan benar atau kejadian yang ada tidak terungkap seperti apa adanya. - Keputusan maupun langkah-langkah
penting di organisasi salah sasaran karena tidak didukung dengan data
yang benar.
- Perlu pengorbanan biaya.
- Oleh karena itu, upaya untuk
menjaga integritas data, dengan konsekuensi akan ada biaya prosedur
pengendalian yang dikeluarkan harus sepadan dengan manfaat yang
diharapkan.
- Menjaga Efektifitas Sistem
Sistem informasi dikatakan efektif hanya jika sistem tersebut dapat mencapai tujuannya. - perlu upaya untuk mengetahui
kebutuhan pengguna sistem tersebut (user)
- apakah sistem menghasilkan
laporan atau informasi yang bermanfaat bagi user (misal pengambil
keputusan)
- auditor perlu mengetahui
karakteristik user berikut proses pengambilan keputusannya
Biasanya
audit efektivitas sistem dilakukan setelah suatu sistem berjalan beberapa
waktu.Manajemen dapat meminta auditor untuk melakukan post audit guna
menentukan sejauh mana sistem telah mencapai tujuan.
Evaluasi ini akan memberikan masukan bagi pengambil keputusan apakah kinerja sistem layak dipertahankan; harus ditingkatkan atau perlu dimodifikasi; atau sistem sudah usang, sehingga harus ditinggalkan dan dicari penggantinya
Evaluasi ini akan memberikan masukan bagi pengambil keputusan apakah kinerja sistem layak dipertahankan; harus ditingkatkan atau perlu dimodifikasi; atau sistem sudah usang, sehingga harus ditinggalkan dan dicari penggantinya
- Efisiensi Sumber Daya
Dikatakan efisien jika ia menggunakan sumberdaya seminimal mungkin untuk menghasilkan output yang dibutuhkan. Pada kenyataannya, sistem informasi menggunakan berbagai sumberdaya, seperti mesin, dan segala perlengkapannya, perangkat lunak, sarana komunikasi dan tenaga kerja yang mengoperasikan sistem tersebut.
Pentingnya Audit Teknologi Informasi
IT Audit atau
audit teknologi informasi adalah suatu proses pengumpulan dan evaluasi
bukti-bukti untuk menentukan apakah sebuah sistem komputer telah dirancang
untuk menjaga integritas data, menjaga aset, memungkinkan tercapainya tujuan
organisasi dapat secara efektif dan penggunaan sumber daya secara efisien.
Audit TI juga dikenal sebagai audit pengolahan dataotomatis dan audit komputer.
Manajemen menggunakan sistem
informasi untuk mencapai tujuan dan harapan atas investasi besar yang telah
dilakukan. Alasan untuk menerapkan Teknologi Informasi dan Komunikasi dalam
organisasi adalah untuk mendapatkan nilai bisnis melalui pengurangan biaya,
efektivitas yang lebih besar, peningkatan efisiensi ditingkatkan dan
meningkatkan kualitas layanan. Biasanya, tujuan manajemen dan tujuan dalam
memanfaatkan teknologi untuk mendukung proses bisnis meliputi: kerahasiaan,
integritas, ketersediaan, keandalan dan kepatuhan terhadap persyaratan hukum
dan peraturan.
Kerahasiaan
Kerahasiaan menyangkut perlindungan terhadap informasi-informasi penting dari kemungkinan kebocoran. Perhatian dan pertimbangan harus dilakukan terhadap level pentingnya suatu data, karena ini akan menentukan bagaimana kontrol ketat atas akses data yang seharusnya. Manajemen perlu jaminan kemampuan organisasi untuk menjaga informasi rahasia, karena kebocoran data dapat membahayakan reputasi masyarakat yang signifikan, terutama di mana informasi tersebut berhubungan dengan data klien yang sensitif.
Kerahasiaan menyangkut perlindungan terhadap informasi-informasi penting dari kemungkinan kebocoran. Perhatian dan pertimbangan harus dilakukan terhadap level pentingnya suatu data, karena ini akan menentukan bagaimana kontrol ketat atas akses data yang seharusnya. Manajemen perlu jaminan kemampuan organisasi untuk menjaga informasi rahasia, karena kebocoran data dapat membahayakan reputasi masyarakat yang signifikan, terutama di mana informasi tersebut berhubungan dengan data klien yang sensitif.
Integritas
Integritas mengacu pada keakuratan dan kelengkapan informasi serta keabsahannya sesuai dengan nilai-nilai bisnis dan harapan. Ini merupakan tujuan audit yang penting untuk mendapatkan jaminan kepada manajemen dan pengguna laporan eksternal bahwa informasi yang dihasilkan oleh sistem informasi organisasi dapat diandalkan dan dipercaya untuk membuat keputusan bisnis.
Integritas mengacu pada keakuratan dan kelengkapan informasi serta keabsahannya sesuai dengan nilai-nilai bisnis dan harapan. Ini merupakan tujuan audit yang penting untuk mendapatkan jaminan kepada manajemen dan pengguna laporan eksternal bahwa informasi yang dihasilkan oleh sistem informasi organisasi dapat diandalkan dan dipercaya untuk membuat keputusan bisnis.
Ketersediaan
Ketersediaan berkaitan dengan informasi yang tersedia bila diperlukan oleh proses bisnis sekarang dan di masa depan. Hal ini juga menyangkut pengamanan sumber daya yang diperlukan dan kemampuan yang terkait. Mengingat sifatnya berisiko tinggi untuk menjaga informasi penting yang tersimpan pada sistem komputer, adalah penting bahwa organisasi memperoleh jaminan bahwa informasi kebutuhan untuk membuat keputusan tersedia bila diperlukan. Ini berarti memastikan bahwa organisasi memiliki langkah-langkah di tempat untuk menjamin kelangsungan bisnis dan memastikan pemulihan yang dapat dibuat dengan cara yang tepat waktu dari suatu masalah sehingga informasi yang dibutuhkan tersedia bila diperlukan.
Ketersediaan berkaitan dengan informasi yang tersedia bila diperlukan oleh proses bisnis sekarang dan di masa depan. Hal ini juga menyangkut pengamanan sumber daya yang diperlukan dan kemampuan yang terkait. Mengingat sifatnya berisiko tinggi untuk menjaga informasi penting yang tersimpan pada sistem komputer, adalah penting bahwa organisasi memperoleh jaminan bahwa informasi kebutuhan untuk membuat keputusan tersedia bila diperlukan. Ini berarti memastikan bahwa organisasi memiliki langkah-langkah di tempat untuk menjamin kelangsungan bisnis dan memastikan pemulihan yang dapat dibuat dengan cara yang tepat waktu dari suatu masalah sehingga informasi yang dibutuhkan tersedia bila diperlukan.
Keandalan
Keandalan mengacu pada tingkat konsistensi dari sistem atau kemampuan suatu sistem untuk melakukan fungsi yang diperlukan di bawah kondisi yang dinyatakan. Keandalan merupakan tujuan audit yang penting dalam rangka untuk memberikan jaminan bahwa sistem beroperasi secara konsisten dan melakukan fungsinya seperti yang diharapkan.
Keandalan mengacu pada tingkat konsistensi dari sistem atau kemampuan suatu sistem untuk melakukan fungsi yang diperlukan di bawah kondisi yang dinyatakan. Keandalan merupakan tujuan audit yang penting dalam rangka untuk memberikan jaminan bahwa sistem beroperasi secara konsisten dan melakukan fungsinya seperti yang diharapkan.
Kesesuaian dengan persyaratan hukum
dan peraturan
Kepatuhan berkaitan dengan mematuhi hukum, peraturan dan kewajiban kontrak dimana proses bisnis adalah subjeknya. Manajemen dan stakeholder kunci memerlukan jaminan bahwa prosedur kepatuhan yang diperlukan telah berada pada tempatnya, karena ada potensi risiko bahwa organisasi dapat dikenakan hukuman jika prosedur hukum dan peraturan tidak ditegakkan
Kepatuhan berkaitan dengan mematuhi hukum, peraturan dan kewajiban kontrak dimana proses bisnis adalah subjeknya. Manajemen dan stakeholder kunci memerlukan jaminan bahwa prosedur kepatuhan yang diperlukan telah berada pada tempatnya, karena ada potensi risiko bahwa organisasi dapat dikenakan hukuman jika prosedur hukum dan peraturan tidak ditegakkan
Perlunya Audit Sistem Informasi
Dengan ketergantungan kita terhadap
Sistem Informasi Akuntansi berbasis komputer maka ada beberapa alasan untuk
manajemen memerlukan sebuah Audit Sistem Informasi, yaitu antara lain adalaH
1. Kerugian akibat kehilangan data.
Data yang diolah menjadi sebuah
informasi, merupakan aset penting dalam organisasi bisnis saat ini. Banyak
aktivitas operasi mengandalkan beberapa informasi yang penting. Informasi
sebuah organisasi bisnis akan menjadi sebuah potret atau gambaran dari kondisi
organisasi tersebut di masa lalu, kini dan masa mendatang. Jika informasi ini
hilang akan berakibat cukup fatal bagi organisasi dalam menjalankan
aktivitasnya.
Sebagai contoh adalah jika data nasabah sebuah bank hilang akibat rusak, maka informasi yang terkait akan hilang, misalkan siapa saja nasabah yang mempunyai tagihan pembayaran kredit yang telah jatuh tempo. Atau juga misalkan kapan bank harus mempersiapkan pembayaran simpanan deposito nasabah yang akan jatuh tempo beserta jumlahnya. Sehingga organisasi bisnis seperti bank akan benar-benar memperhatikan bagaimana menjaga keamanan datanya.
Kehilangan data juga dapat terjadi karena tiadanya pengendalian yang memadai, seperti tidak adanya prosedur back-up file. Kehilangan data dapat disebabkan karena gangguan sistem operasi pemrosesan data, sabotase, atau gangguan karena alam seperti gempa bumi, kebakaran atau banjir.
Sebagai contoh adalah jika data nasabah sebuah bank hilang akibat rusak, maka informasi yang terkait akan hilang, misalkan siapa saja nasabah yang mempunyai tagihan pembayaran kredit yang telah jatuh tempo. Atau juga misalkan kapan bank harus mempersiapkan pembayaran simpanan deposito nasabah yang akan jatuh tempo beserta jumlahnya. Sehingga organisasi bisnis seperti bank akan benar-benar memperhatikan bagaimana menjaga keamanan datanya.
Kehilangan data juga dapat terjadi karena tiadanya pengendalian yang memadai, seperti tidak adanya prosedur back-up file. Kehilangan data dapat disebabkan karena gangguan sistem operasi pemrosesan data, sabotase, atau gangguan karena alam seperti gempa bumi, kebakaran atau banjir.
2. Kerugian akibat kesalahan pemrosesan komputer.
Pemrosesan komputer menjadi pusat
perhatian utama dalam sebuah sistem informasi berbasis komputer. Banyak
organisasi telah menggunakan komputer sebagai sarana untuk meningkatkan
kualitas pekerjaan mereka. Mulai dari pekerjaan yang sederhana, seperti
perhitungan bunga berbunga sampai penggunaan komputer sebagai bantuan dalam
navigasi pesawat terbang atau peluru kendali. Dan banyak pula di antara
organisasi tersebut sudah saling terhubung dan terintegrasi. Akan sangat
mengkhawatirkan bila terjadi kesalahan dalam pemrosesan di dalam komputer.
Kerugian mulai dari tidak dipercayainya perhitungan matematis sampai kepada
ketergantungan kehidupan manusia.
3. Pengambilan keputusan yang salah akibat informasi yang
salah.
Kualitas sebuah keputusan sangat
tergantung kepada kualitas informasi yang disajikan untuk pengambilan keputusan
tersebut. Tingkat akurasi dan pentingnya sebuah data atau informasi tergantung
kepada jenis keputusan yang akan diambil. Jika top manajer akan mengambil
keputusan yang bersifat strategik, mungkin akan dapat ditoleransi berkaitan
dengan sifat keputusan yang berjangka panjang. Tetapi kadangkala informasi yang
menyesatkan akan berdampak kepada pengambilan keputusan yang menyesatkan pula.
4. Kerugian karena penyalahgunaan komputer (Computer Abused)
Tema utama yang mendorong
perkembangan dalam audit sistem informasi dalam sebuah organisasi bisnis adalah
karena sering terjadinya kejahatan penyalahgunaan komputer. Beberapa jenis
tindak kejahatan dan penyalah-gunaan komputer antara lain adalah virus,
hacking, akses langsung yang tak legal (misalnya masuk ke ruang komputer tanpa
ijin atau menggunakan sebuah terminal komputer dan dapat berakibat kerusakan
fisik atau mengambil data atau program komputer tanpa ijin) dan atau
penyalahgunaan akses untuk kepentingan pribadi (seseorang yang mempunyai
kewenangan menggunakan komputer tetapi untuk tujuan-tujuan yang tidak
semestinya).
- Hacking – seseorang yang dengan tanpa
ijin mengakses sistem komputer sehingga dapat melihat, memodifikasi, atau
menghapus program komputer atau data atau mengacaukan sistem.
- Virus – virus adalah sebuah program
komputer yang menempelkan diri dan menjalankan sendiri sebuah program
komputer atau sistem komputer di sebuah disket, data atau program yang
bertujuan mengganggu atau merusak jalannya sebuah program atau data
komputer yang ada di dalamnya. Virus dirancang dengan dua tujuan, yaitu
pertama mereplikasi dirinya sendiri secara aktif dan kedua mengganggu atau
merusak sistem operasi, program atau data.
Dampak dari kejahatan dan
penyalahgunaan komputer tersebut antara lain:
- Hardware, software, data,
fasilitas, dokumentasi dan pendukung lainnya rusak atau hilang dicuri atau
dimodifikasi dan disalahgunakan.
- Kerahasiaan data atau informasi
penting dari orang atau organisasi rusak atau hilang dicuri atau dimodifikasi.
- Aktivitas operasional rutin
akan terganggu.
- Kejahatan dan penyalahgunaan
komputer dari waktu ke waktu semakin meningkat, dan hampir 80% pelaku
kejahatan komputer adalah ‘orang dalam’.
5. Nilai hardware, software dan personil sistem informasi
Dalam sebuah sistem informasi,
hardware, software, data dan personil adalah merupakan sumberdaya organisasi.
Beberapa organisasi bisnis mengeluarkan dana yang cukup besar untuk investasi
dalam penyusunan sebuah sistem informasi, termasuk dalam pengembangan
sumberdaya manusianya. Sehingga diperlukan sebuah pengendalian untuk menjaga
investasi di bidang ini.
6. Pemeliharaan kerahasiaan informasi
Informasi di dalam sebuah organisasi
bisnis sangat beragam, mulai data karyawan, pelanggan, transaksi dan lainya adalah
amat riskan bila tidak dijaga dengan benar. Seseorang dapat saja memanfaatkan
informasi untuk disalahgunakan. Sebagai contoh bila data pelanggan yang
rahasia, dapat digunakan oleh pesaing untuk memperoleh manfaat dalam
persaingan.
Dampak Komputer dalam Audit
Pada saat komputer pertama kali
digunakan, banyak auditor mempunyai pemikiran bahwa proses audit akan harus
nbanyak mengalami perubahan untuk menyesuaikan dengan penggunaan teknologi
komputer. Ada dua utama yang harus diperhatikan dalam audit atas pemrosesan
data elektronik, yaitu pengumpulan bukti (evidence collection) dan evaluasi
bukti (evidence evaluation).
Proses Pengumpulam Bukti
Proses keandalan pengumpulan bukti dalam sebuah sistem yang terkomputerisasi
seringkali akan lebih kompleks daripada sebuah sistem manual. Karena auditor
akan berhadapan dengan keberadaan sebuah pengendalian internal yang kompleks
karena teknologi yang melekat dan sangat berbeda dengan pengendalian sistem
manual.
Sebagai contoh dalam sebuah proses ‘update‘ data memerlukan seperangkat pengendalian yang memang berbeda karena kondisi alamiah yang melekatinya. Atau dalam proses pengembangan sebuah sistem, maka diperlukan pengendalian lewat berbagai ‘testing program’ yang mungkin tidak ditemui dalam sistem manual. Untuk itu auditor harus mampu memahami pengendaliannya untuk dapat memperoleh keandalan sebuah bukti yang kompeten.
Namun malangnya, memahami pengendalian dalam sebuah sistem yang berbasis teknologi sangatlah tidak mudah. Perangkat keras maupun lunak terus berkembang secara cepat seiring perkembangan teknologi. Sehingga selalu ada kesenjangan waktu antara teknologi yang dipelajari oleh auditor dengan perkembangan teknologi yang cepat.
Sebagai contoh, dengan meningkatnya penggunaan transmisi komunikasi data, maka auditor paling tidak juga harus memahami prinsip-prinsip kriptografi (penyandian) dalam sebuah jaringan yang terintegrasi.
Sebagai contoh dalam sebuah proses ‘update‘ data memerlukan seperangkat pengendalian yang memang berbeda karena kondisi alamiah yang melekatinya. Atau dalam proses pengembangan sebuah sistem, maka diperlukan pengendalian lewat berbagai ‘testing program’ yang mungkin tidak ditemui dalam sistem manual. Untuk itu auditor harus mampu memahami pengendaliannya untuk dapat memperoleh keandalan sebuah bukti yang kompeten.
Namun malangnya, memahami pengendalian dalam sebuah sistem yang berbasis teknologi sangatlah tidak mudah. Perangkat keras maupun lunak terus berkembang secara cepat seiring perkembangan teknologi. Sehingga selalu ada kesenjangan waktu antara teknologi yang dipelajari oleh auditor dengan perkembangan teknologi yang cepat.
Sebagai contoh, dengan meningkatnya penggunaan transmisi komunikasi data, maka auditor paling tidak juga harus memahami prinsip-prinsip kriptografi (penyandian) dalam sebuah jaringan yang terintegrasi.
Evaluasi Bukti
Bukti audit dalam sistem informasi akuntansi berbasis komputer seringkali berupa angka-angka digital, dan kadangkalan sulit dalam penelusurannya karena tidak berbentuk fisik seperti di lingkungan manual.
Bukti audit dalam sistem informasi akuntansi berbasis komputer seringkali berupa angka-angka digital, dan kadangkalan sulit dalam penelusurannya karena tidak berbentuk fisik seperti di lingkungan manual.
TUJUAN dan LINGKUP AUDIT SISTEM
INFORMASI
Tujuan Audit Sistem Informasi dapat dikelompokkan ke dalam dua aspek utama, yaitu:
Tujuan Audit Sistem Informasi dapat dikelompokkan ke dalam dua aspek utama, yaitu:
- Conformance (Kesesuaian) – Pada
kelompok tujuan ini audit sistem informasi difokuskan untuk memperoleh
kesimpulan atas aspek kesesuaian, yaitu : Confidentiality (Kerahasiaan),
Integrity (Integritas), Availability (Ketersediaan) dan Compliance
(Kepatuhan).
- Performance (Kinerja) - Pada
kelompok tujuan ini audit sistem informasi difokuskan untuk memperoleh
kesimpulan atas aspek kinerja, yaitu : Effectiveness (Efektifitas),
Efficiency (Efisiensi), Reliability (Kehandalan).
Sifat Audit Operasional Pemrosesan Data
Satu tipe utama audit operasional meliputi pengauditan fungsi pemrosesan informasi. Audit operasional pemrosesan data secara sistematis memperkirakan keefektifan unit-unit dalam mencapai tujuan dan mengidentifikasikan kondisi yang dibutuhkan untuk perbaikan. Pemrosesan data audit operasional mempunyai sifat yang luas meliputi semua kegiatan departemen pemrosesan atau mungkin dihubungkan dengan segmen khusus dalam kegiatan tersebut, tergantung pada tujuan manajemen.
Situasi Yang Muncul Dalam Audit Operasional Pemrosesan Data
Dalam hal pemrosesan data yang umumnya terjadi adalah:
- Biayanya tinggi untuk
penyediaan jasa komputer.
- Bagian utama dari rencana
perusahaan.
- Usulan perolehan hardware yang
utama atau meng-upgrade software.
- Ketidakmampuan menerima
pemrosesan data komputer secara eksekutif.
- Kebutuhan pemrosesan data
eksekutif yang baru untuk penilaian secara intensif.
- Ketidakteraturan perputaran
personil dalam departemen pemrosesan data.
- Usulan untuk mengkonsolidasi
atau mendistribusikan sumberdaya pemrosesan data.
- Merupakan sistem utama yang
tidak responsif terhadap kebutuhan atau sulit dalam pemeliharaan.
- Meningkatnya jumlah komplain
user.
Proses Audit Operasional Pemrosesan Data
- Audit planning phase
Audit operasional pada fungsi data
processing tidak mempunyai starting place, tetapi berpedoman pada tujuan audit.
Masing-masing audit mempunyai ciri khas dan memerlukan individual treatment
karenanya lingkup audit berbeda sesuai dengan tujuannya.
Dengan mengabaikan lingkup audit, tugas pertama dalam audit operasional yaitu untuk memperkenalkan diri pada organisasi dan DP departemen untuk diaudit. Hal ini adalah sebuah tahap penting bagi auditor untuk memperoleh dan meninjau ulang latar belakang informasi pada unit, aktivitas, dan fungsi yang akan diaudit.Tahap ini penting dan sebaiknya diikuti dengan mengabaikan audit operasional yang dilakukan secara internal. auditor sebaiknya mengumpulkan informasi dari klien untuk memperoleh pemahaman tentang DP departemen dan tujuannya. Banyak latar belakang informasi yang sebaiknya digunakan auditor pada tahap ini mencakup lokasi departemen DP, nama manajer pada DP, no SDM pada DP berdasar level dan tipe,metode evaluasi SDM, tingkat pertukaran SDM, tugas dan tanggung jawab karyawan, identifikasi peralatan komputer yang digunakan dan identifikasi sistem operasi yang digunakan. phisical layout chart pusat komputer sebaiknya diperoleh dari DP manajer ( atau, jika tak tersedia, disiapkan oleh auditor). kerjasama DP manajemen menjadi hal yang penting selama tahap perencanaan.
Dengan mengabaikan lingkup audit, tugas pertama dalam audit operasional yaitu untuk memperkenalkan diri pada organisasi dan DP departemen untuk diaudit. Hal ini adalah sebuah tahap penting bagi auditor untuk memperoleh dan meninjau ulang latar belakang informasi pada unit, aktivitas, dan fungsi yang akan diaudit.Tahap ini penting dan sebaiknya diikuti dengan mengabaikan audit operasional yang dilakukan secara internal. auditor sebaiknya mengumpulkan informasi dari klien untuk memperoleh pemahaman tentang DP departemen dan tujuannya. Banyak latar belakang informasi yang sebaiknya digunakan auditor pada tahap ini mencakup lokasi departemen DP, nama manajer pada DP, no SDM pada DP berdasar level dan tipe,metode evaluasi SDM, tingkat pertukaran SDM, tugas dan tanggung jawab karyawan, identifikasi peralatan komputer yang digunakan dan identifikasi sistem operasi yang digunakan. phisical layout chart pusat komputer sebaiknya diperoleh dari DP manajer ( atau, jika tak tersedia, disiapkan oleh auditor). kerjasama DP manajemen menjadi hal yang penting selama tahap perencanaan.
- Preliminary survey phase
setelah tujuan audit tealah
ditetapkan, dan lingkup audit telah ditentukan serta manajemen cooperation
diperoleh, maka auditor siap untuk preliminary survey. survei membantu auditor
untuk mengidentifikasi lingkup masalah, sensitive area, dan operasi yang rumit
tentang audit DP departement. Setelah preliminary survey, auditor harus bisa
menentukan tingkat kompleksitas audit operasional.selama preliminnary survey,
auditor akan mempelajari permasalahan operasional manajemen DP. Auditor perlu
mendalami mengenai DP center sehingga familiar dengan pengoperasiannya. Auditor
sebaiknya membuat rencana dalam mengusulkan petunjuk DP centernya dan bertindak
sebagai penghubung bagi semua data collection dan dokumentasi syang diperoleh.
Auditor akan membentuk rencana tahapan dalam operasi actual yang disesuaikan
dengan diskripsi tertulis maupun lisan dan pemahaman yang telah diberikan oleh
DP personil kepada auditor. Proses verifikasi ini memerlukan contoh transaksi
atau lingkup kerja yang diuji secara detail.
Prelimanary phase pada operational audit merupakan basis pada tahap pengujian audit yang terperinci. DP manajemen sebaiknya diberitahu pengungkapan penyimpangan dan membantu dalam petunjuk pada lingkup permasalahan. Auditor mendisain program audit untuk maenemukan pertimbangan atau penyebab ketidakcocokan.
Prelimanary phase pada operational audit merupakan basis pada tahap pengujian audit yang terperinci. DP manajemen sebaiknya diberitahu pengungkapan penyimpangan dan membantu dalam petunjuk pada lingkup permasalahan. Auditor mendisain program audit untuk maenemukan pertimbangan atau penyebab ketidakcocokan.
- Detailed audit phase
Aktivitas untuk menguji dan
mengevaluasi tahap audit ini meliputi:
- fungsi pengolahan informasi
pada organisasi
- praktek dan kebijakan sumber
daya manusia
- operasi komputer
- pengembangan sistem dan
implementasinya
- aplication system operation
lima area terdaftar ini diharapkan
dapat menyajikan beberapa faktor-faktor penting yang harus dipertimbangkan.
ketika mereka memberi auditor suatu pandangan umum tentang komponen penting DP
functioni dan dapat bertindak sebagai starting point yang baik.
- Reporting
pada tahap penyelesaian opersional
audit laporan diberikan kepada manajemen dan komite audit perusahaan.Isi dari
laporan ini bervariasi sesuai pada harapan manajemen.contohnya : laporan
mungkin terdiri dari pendapat yang mengacu pada fungsi pengelolaan informasi
yang efektif dan efisien, dan saran-saran yang membangun.Internal auditor diwajibkan
untuk melakukan follow up pada report audit findings dan memberikan rekomendasi
untuk memastikan bahwa komite audit mengambil langkah yang tepat.
Sangat membantu artikel nya makasih
BalasHapusMy blog
Terima Kasih Infonya
BalasHapusMy Blog
Nice materi
BalasHapusMY BLOG
good artikel
BalasHapussangat bermanfaat
BalasHapus